ステファノ・アルディ
– サチャワチャナクリスト大学
1
Kata bantu / Partikel
Untuk membuat kalimat dalam bahasa Jepang yang benar sesuai dengan makna
yang akan disampaikan kita tidak dapat mengabaikan kata bantu/partikel (助詞
じ ょ し
).
Dalam membuat sebuah kalimat terkadang akan berbeda arti/salah ketika kita
salah dalam menggunakan kata bantu. Bahasa Jepang memiliki banyak kata
bantu yang bervariasi dan terkadang 1 kata bantu memiliki fungsi lebih dari satu.
Masing-masing kata bantu tersebut memiliki fungsi yang penting dalam suatu
kalimat yang terkadang tidak dapat diartikan ke dalam bahasa Indonesia.
A.
Kata bantu `de`
(menggunakan, dengan…)
Dalam bahasaJepang tingkat dasar pada materi yang sudah kita pelajari bantu
`de`
memiliki 2 fungsi, yaitu
I.
Menunjukkan di mana kegiatan tersebut dilakukan.
Pola kalimat
contoh kalimat:
①
Kyoushitsu
de
nihongo o benkyou shimasu.
(Belajar bahasa Jepang di
kelas.)
②
Shokudou de gohan o tabemasu.
(Makan di kantin.)
③
Kissaten
de
tomodachi ni aimasu.
(Bertemu
dengan teman di
coffee shop..
)
④
Suupaa
de
yasai to pan o kaimasu.
(Membeli
sayur dan roti di supermarket.)
Dari contoh di atas kita dapat mengerti bahwa kata bantu
`de`
digunakan untuk
menyebutkan tempat di mana kegiatan tersebut dilakukan
.
Tempat di mana
[(tempat)
`de`
+ kegiatan (
kata kerja
))
ステファノ・アルディ
– サチャワチャナクリスト大学
2
kegiatan tersebut dilakukan merupakan tempat yang cukup luas, misalnya; di
kelas, kantin dsb. Selain itu jika kita memakai kata bantu
`de`
kita harus
memperhatikan apakah ada suatu aktivitas atau tidak, misalnya; belajar, makan
dsb. Tetapi ada beberapa kata kerja yang walaupun tidak melakukan aktivitas
menggunakan kata bantu
`de`
, misalnya; tidur.
contoh kalimat;
1.
Arman-san wa kyoushitsu
de
nemasu. (Arman tidur di
kelas)
2.
Inu wa isu no shita
de
nemasu. (Anjing tidur di
bawah kursi.)
3.
Nouka wa ki no shita
de
yasumimasu. (Petani
tidur di bawah pohon.)
Selain digunakan untuk menunjukkan di mana kegiatan tersebut dilakukan kata
bantu
`de`
;
II.
Untuk menyebutkan alat/sarana transportasi yang digunakan, misalnya; bis,
pesawat, sepeda motor dsb.
Pola kalimat
contoh kalimat :
A)
Jitensha
de
gakkou e ikimasu.
(Pergi
ke sekolah menggunakan sepeda.)
B)
Hikouki
de
Nihon e kaerimasu.
(Pulang ke Jepang menggunakan pesawat.)
C)
Densha
de
kaisha ni kimashita.
(Datang ke kantor/perusahaan menggunakan kereta.)
D)
Baiku/ootobai
de
tomodachi to Semarang ni ikimasu.
(Pergi
ke Semarang dengan teman menggunakan sepeda
motor.)
(alat/sarana) `
de
` (kata kerja)
ステファノ・アルディ
– サチャワチャナクリスト大学
3
Selain untuk menyebutkan alat transportasi dapat juga untuk menyebutkan
alat-alat yang lain, misalnya; sendok, komputer, TV dan lain sebagainya termasuk
bahasa~.
contoh kalimat :
1.
Nihonjin wa hashi
de
gohan o tabemasu.
(Orang Jepang makan nasi
menggunakan sumpit.)
2.
Boorupen
de
tegami o kakimasu.
(Menulis
surat menggunakan bolpen.)
3.
Terebi
de
nihon no bangumi o mimasu.
(Menonton acara televisi
Jepang melalui televisi.)
4.
Hasami
de
kami o kirimasu.
(Memotong kertas menggunakan gunting.)
5.
Eigo
de
repooto o kakimasu.
(Menulis
laporan menggunakan bahasa Inggris.)
B.
Kata bantu `ni`
(pada …)
Kata bantu
`ni`
digunakan untuk:
1)
Menyatakan waktu kegiatan dalam satuan bilangan
, misalnya; jam,
bulan,tahun dsb.
contoh kalimat :
A)
Mainichi 6-ji
ni
okimasu.
(Setiap hari
bangun pukul 6.)
B)
3gatsu ni Indonesia
ni
kaerimasu.
(Pulang ke Indonesia
pada bulan Maret.)
C)
Watashi wa kinou 11-ji
ni
nemashita.
(Saya
kemarin tidur pukul 11.)
D)
2008-nen ni daigaku
ni
hairimashita.
ステファノ・アルディ
– サチャワチャナクリスト大学
4
(Masuk perguruan tinggi
pada tahun 2008.)
Terkadang juga digunakan pada nama-nama hari.
contoh kalimat :
A)
Nichiyoubi
ni
daigaku ni ikimasen.
(Saya tidak pergi
ke kampus pada hari Minggu.)
B)
Doyoubi
ni
depaato de kaimono o shimasu.
(Pada hari Sabtu berbelanja di
departement store.
)
2) Menyatakan keberadaan suatu benda/orang/hewan.
contoh kalimat :
A)
Reizouko no naka
ni
ringo ga arimasu.
(Di dalam kulkas
ada apel.)
B)
Niwa
ni
hito ga imasu.
(Di
halaman rumah ada orang.)
C)
Ki no ue
ni
kireina tori ga imasu.
(Di atas
pohon ada burung yang bagus.)
3)
Menyatakan tempat di mana kegiatan tersebut dilakukan
, tetapi dalam
lingkup yang kecil
contoh kalimat :
A)
Koko
ni
namae o kaite kudasai.
(Tulislah nama anda di
sini.)
B)
Koko
ni
kuruma o tomenaide kudasai.
(Dilarang menghentikan/memarkir mobil di sini.)
ステファノ・アルディ
– サチャワチャナクリスト大学
5
C)
Kono heya
ni
tabako o suwanaide kudasai.
(Dilarang merokok di
ruangan ini.)
4)
Digunakan pada beberapa kata kerja
, seperti: norimasu, imasu, arimasu,
hairimasu, tomemasu dsb.
contoh kalimat:
A)
Mainichi baiku
ni
norimasu. (Setiap hari naik sepeda
motor.)
B)
Neko wa uchi
ni
imasu. (Kucing ada di
rumah.)
C)
Ofuro
ni
hairimasu. (masuk bath up.)
D)
Kuruma o mise no mae
ni
tomete kudasai. (Parkirlah mobil anda
di depan toko.)
5) Menunjukkan tempat yang dituju (fungsinya sama dengan partikel `e`)
contoh kalimat ;
1.
Ashita Jogja
ni
ikimasu.
(Besok saya
akan ke Jogja.)
2.
Doyoubi ni paatii
ni
kimasu. (Saya
akan datang ke pesta pada hari Sabtu.)
3.
Kyou wa tomodachi to uchi
ni
kaerimasu.(Hari ini
pulang ke rumah dengan teman.)
C.
Kata bantu `o`
Kata bantu
`o`
digunakan untuk kalimat yang membutuhkan obyek. Obyek
tersebut biasanya kata benda. Selain melihat obyeknya kita juga harus
memperhatikan kata kerjanya dalam membuat kalimat. Terkadang untuk
ステファノ・アルディ
– サチャワチャナクリスト大学
6
menyebutkan tempat/benda dari beberapa kata kerja kita harus menggunakan
kata bantu
`o`.
contoh kalimat
1.
Kesa nasi goreng
o
tabemashita.
(Tadi pagi saya makan nasi
goreng.)
2.
Mainichi mizu
o
nomimasu.
(Setiap hari saya minum
air putih.)
3.
Ashita Nihongo
o
benkyō shimasu. (Besok saya
akan belajar bahasa Jepang.)
4.
Shumi wa manga
o
yomu koto desu. (Hobi saya
membaca komik.)
5.
Koko ni namae
o
kaite kudasai.
(Tulislah nama anda di sini.)
**Partikel
`o`
pada kata kerja yang bukan obyek dari kata kerja tersebut.
contoh kalimat
1.
Maiasa shawaa
o
abimasu.
(Setiap pagi saya man
di
menggunakan
shower.
)
2.
Sofu wa inu to kouen
o
sanpo shimasu.
(Kakek saya jalan-jalan
di
taman dengan anjingnya.)
3.
Hikouki wa sora
o
tonde imasu.
(Pesawat sedang terbang
di
langit.)
4.
Kuruma wa michi
o
hashirimasu.
(Mobil berjalan di jalan.)
ステファノ・アルディ
– サチャワチャナクリスト大学
7
D. Kata bantu `wa`
Kata bantu `
wa
` digunakan untuk menunjukkan subyek atau topik yang
dibicarakan dalam suatu kalimat atau pembicaraan.
contoh kalimat :
1.
Ano hito
wa
Maree-jin desu.
(Orang itu
adalah orang Malaysia.)
2.
Kore
wa
watashi no hon desu.
(Ini buku saya.)
3.
Watashi
wa
gakusei desu.
(Saya mahasiswa.)
4.
Salatiga
wa
shizuka na machi de, sumiyasui desu.
(Salatiga adalah kota yang tenang dan nyaman untuk ditinggali.)
5.
Bari-tou
wa
yuumei de, kankouchi ga takusan arimasu.
(Pulau Bali terkenal dan banyak mempunyai tempat pariwisata.)
E. Kata bantu `e` (
ke
)
Kata bantu
`e`
digunakan untuk menyebutkan tempat yang akan dituju, seperti
pada penggunaan kata bantu `
ni
`.
contoh kalimat :
1.
Baiku de gakkou
e
ikimasu.
(Pergi
ke sekolah menggunakan sepeda motor.)
2.
Hitori de suupaa
e
ikimasu.
– サチャワチャナクリスト大学
8
(Pergi ke supermarket sendirian.)
3.
Raishuu densha de uchi
e
kaerimasu.
(Minggu
depan pulang ke rumah menggunakan KRL.)
4.
Jisho o gakkou
e
motte ikimasu.
(Membawa kamus
ke sekolah.)
F. Kata bantu
`ga`
I. Kata bantu `ga` juga sering digunakan dalam kalimat, salah satunya diikuti
oleh kata sifat yang menunjukkan rasa suka, keahlian, fisik seseorang dan
sebagainya.
contoh kalimat;
1.
Watashi wa inu
ga
suki desu.
(Saya suka anjing.)
2.
Kanojo wa eigo
ga
jouzu desu.
(Dia pandai bahasa Inggris.)
3.
Michael-san wa se
ga
takai desu.
(Michael badannya
tinggi.)
II. Menunjukkan keberadaan benda/orang/ hewan.
contoh kalimat;
1.
Heya ni rajio
ga
arimasu.
(Ada radio di kamar.)
2.
Reizouko ni ringo
ga
mittsu arimasu.(Ada
apel 3 buah di lemari es.)
3.
Heya ni kodomo
ga
imasu.
(Ada anak-anak di kamar.)
ステファノ・アルディ
– サチャワチャナクリスト大学
9
G. Kata bantu `to` (
dan, dengan
)
Kata bantu `to digunakan untuk` menguhubungkan dua atau lebih dari satu kata benda
jika kita ingin menyebutkannya satu persatu.
contoh kalimat;
1. Watashi wa ringo to mikan ga suki desu.
(Saya suka
apel dan jeruk.)
2. Neko to inu to dochira ga suki desuka?
(Kucing dan anjing yang mana
yang Anda suka?)
3. Andi-san wa maiasa pan to kudamono o tabemasu.
(Andi setiap pagi
makan roti dan buah-buahan.)
4. Katakana to kanji ga muzukashii desu.
(Katakana dan kanji
sulit.)
5. Kyoushitsu no naka ni tsuke to isu ga arimasu.
(Di dalam kelas
ada meja dan kursi.)
6. Kazoku wa ryoushin to ane to ani ga imasu.
(Keluarga saya
ada orang tua, kakak perempuan dan kakak laki-laki.)
Jika tidak disebutkan subyeknya;
contoh kalimat;
1. Kazoku to Singapooru ni ikimasu.
(Pergi dengan keluarga
ke Singapore.)
2. Tomodachi to gakkou e ikimasu.
(Pergi
ke sekolah/kampus dengan teman.)
3.
Ryoushin to sunde imasu.
(Saya
tinggal dengan keluarga.)
4. Inu to sanpo shimasu.
(Jalan2 di
sekitar rumah dengan anjing.)
ステファノ・アルディ
– サチャワチャナクリスト大学
10
0 komentar:
Posting Komentar