Rabu, 13 Juni 2012

CARA MEMPERBAIKI KOMPUTER

Assalamu alaikum wr.wb.
Komputer kini bukanlah sesuatu perangkat yang aneh dan baru bagi teman2, namun msih banyak pengguna kompi yg msih takut tuk mengeksplorasi komputernya dgn alasan takut rusak, error, atau terkena virus. Bahkan berasumsi jika komputernya rusak akan memakan biaya yg sangat mahal tuk perbaikannya. Fenomena tersebut bisa terjadi pd komputer anda. N jika rasa takut selalu menghantui kawan2 maka buanglah jauh2  rasa itu,  krn siapa tau kerusakn yg terjdi pd PC anda dpt di tangani sendiri atau hnya kesalahan kecil yg di sebabkn oleh user . beranilah tuk bereksprimen karn pengalaman sangat berharga dalam hidup yg pnuh desakan teknologi yg semakin modern. N kegagalan anda hari ini akan menjadi awal dari kesuksesan tuk kedepan nntinya.
Skrng mari kita lihat permasalahan yg sering terjadi pada PC…………….
TOMBOL POWER SUDAH DITEKAN, KOMPUTER TETAP TIDAK MAU HIDUP

Permasalahan ini terjadi ketika Anda menekan tombol power untuk mengaktifkan atau menghidupkan PC, tetapi PC tidak menunjukkan tanda-tanda kehidupan. Jika hal ini terjadi pada PC Anda, ada beberapa kemungkinan yang harus diperiksa satu per satu secara bertahap dengan langkah-langkah berikut.
Memeriksa kelistrikan
  1. Periksa semua jaringan listrik. Apakah kabel power suply sudah terpasang dengan baik?
  2. Jika Anda menggunakan UPS (Uniterruptable Power Supply) dan stabilizer AVR (Automated Voltage Regulator), pastikan semua dalam posisi ON dan dapat berfungsi dengan baik.
  3. Jika hal tersebut bukan penyebabnya, kemungkinan berikutnya adalahpada  PC Anda. Sekarang lakukan pemeriksaan pada PC.
Pengecekan komponen PC
  1. Pastikan kabel power yang terpasang ke soket power pada mainboard terpasang dengan baik. Coba Anda tekan-tekan konektor power yang terpasang ke soket power suply.
  2. Jika tidak mau hidup juga, pastikan semua kabel yang terhubung ke tombol power pada casing telah terpasang dengan benar pada konektor pinnya di motherboard
  3. Pastikan power supply memang dalam keadaan hidup, dengn melakukn pengetesan pada CPU lain.
  4. Jika ternyata power supply dalam keadaan baik (melalui pengetesan) dan semua kabel sudah benar, berarti yang perlu diperiksa adalah motherboard dan prosesor. Coba pasangkan prosesor Anda pada CPU lain yang sejenis dengan CPU Anda. Perhatikan, apakah CPU dapat dihidupkan? Jika CPU tersebut dapat hidup, berarti kerusakan hanya pada motherboard. Namun, jika memang tidak dapat hidup, berarti prosesor mengalami kerusakan.
  5. Biasanya hal seperti ini diakibatkan oleh kerusakan pada komponen pada motherboard, yang bersangkutan dengan catu daya. Untuk permasalahan ini sebaiknya serahkan pada teknisi yang sudah ahli.
FAN DAN HARD DISK TERDENGAR PUTARANNYA, TETAPI LAYAR MONITOR TETAP GELAP
Setidaknya permasalahan ini sedikit lebih baik daripada masalah PC mati. Ikuti langkah berikut untuk mengatasi masalah tersebut.
1.  Lepas semua kabel yang terhubung pada CPU.
2. Buka casing CPU.
3. Lepas RAM (memory) yang terpasang pada slot DIMM. Jika Anda menggunakan 2 keping RAM, coba bersihkan konektor RAM dengan karet penghapus, bisa saja hal ini disebabkan oleh kotoran yang ada pada konektor RAM. Setelah itu pasang salah satu RAM saja dan hidupkan komputer
4. Jika langkah 3 bisa mengatasi masalah, lanjutkan dengan memasang keping RAM yang satu lagi. Jika dengan memasang RAM yang kedua komputer kembali mendapatkan masalah, berarti salah satu RAM Anda mengalami kerusakan. Lepas kembali RAM tersebut dan pasang satu keping RAM saja.
5. Jika dengan langkah 3 dan 4 masalah tidak teratasi, lakukanlah langkah selanjutnya. Periksa VGA eksternal jika Anda menggunakannya, lepas VGA eksternal dan bersihkan konektor VGA seperti pada saat membersihkan RAM. Pasang kembali VGA eksternal dengan benar, setelah itu hidupkan komputer.
6. Jika langkah 5 sudah dilakukan dan masalah belum teratasi, coba lepas semua hardware eksternal yang terpasang, seperti modem, sound card eksternal, ethernet card eksternal, dan komponen lainnya jika ada. Sisakan yang terpasang pada mainboard hanya VGA card eksternal dan RAM saja, kemudian hidupkan komputer. Jika dengan cara ini komputer bisa normal kembali, kerusakan terdapat pada hardware yang Anda lepas tadi. Untuk mengetahui hardware mana yang rusak, coba pasang kembali hardware yang dilepas tadi satu per satu. Pada saat komputer error lagi ketika memasang salah satu hardware, berarti hardware tersebutlah biang keladinya. Ganti saja dengan hardware yang baru.
7. Jika langkah 6 juga tidak memberikan hasil, berarti masalah terletak pada prosesor atau bahkan motherboard Anda. Namun untuk memastikan kerusakan prosesor atau motherboard, ada baiknya Anda mengetes VGA card eksternal dan RAM Anda di CPU lain yang memakai VGA card dan RAM yang sejenis dengan milik Anda. Jika ternyata RAM dan VGA card Anda berjalan normal pada CPU lain, Anda bisa mengetes prosesor pada CPU lain yang sejenis. (sekadar memastikan kerusakan prosesor). Jika memang prosesor Anda error, sebaiknya Anda membeli prosesor baru. Namun, jika prosesor Anda berjalan normal pada CPU lain, berarti ada kerusakan pada motherboard. Anda boleh mendatangi klinik komputer untuk memperbaikinya atau bisa membeli motherboard baru.
Selamat mencoba.., semoga bermanfaat bagi kawan-kawan.

0 komentar:

Poskan Komentar



SMS GRATIS ANLOVSY

Sample Text

Arsip Blog

Label

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Followers