Minggu, 17 Juni 2012

Pengertian Protokol Jaringan

Protocol merupakan suatu aturan main (rule) yang mengatur komunikasi data. Dalam sebuah jaringan computer, terjadi suatu proses komunikasi antar perangkat yang berlainan sistemnya. Perangakat yang ada tersebut dapat mengirim dan menerima data. Untuk dapat mengirim dan menerima data tersebut, dibutuhkan pengertian di antara kedua belah pihak. Pengertian inilah yang disebut dengan protokol.
Analoginya seperti manusia, ketika orang Amerika bertemu dengan orang Jepang, untuk dapat berkomunikasi dengan baik, maka dibutuhkan sebuah pengertian atau dalam hal ini adalah bahasa penghubung yang bisa dimengerti oleh kedua belah pihak. Jadi protocol adalah himpunan aturan main yang mengatur komunikasi data.
Beberapa elemen penting pada protokol , antara lain: syntax, semantics, dan timing. Penjelasan dari elemen-elemen tersebut adalah sebagai berikut :
  1. Syntax mengacu pada struktur atau format data, yaitu berkaitan dengan urutan tampilan, misalnya sebuah protokol memiliki urutan pada delapan bit pertama adalah alamat pengirim, delapan bit kedua adalah alamat penerima, dan bit stream sisanya mempunyai informasi tertentu.
  2. Semantics mengacu pada maksud atau terjemahan dari setiap section bit yang menyusunnya.
  3. Timing mengacu pada waktu kapan datya harus dikirim dan seberapa cepat data akan dapat terkirim
  4. Dalam komunikasi data antar dua sistem, aturan yang seragam atau standar merupakan suatu hal yang sangat penting. Dengan adanya standar tersebut, akan menjamin interoperability antar dua sistem atau lebih dalam proses komunikasi.
Berikut ini ada beberapa organisasi yang berhubungan dengan perkembangan standar teknologi telekomunikasi dan data internasional:
1.    International Standars Organization (ISO)
2.    International Telecommunication Union – Telecommunication Standards Section (ITUT)
3.    American National Standards Institute (ANSI)
4.    Institute of Electrical and Electronics Engineers  (IEEE)
5.    Electronic Industries Association (EIA)
 

0 komentar:

Poskan Komentar



SMS GRATIS ANLOVSY

Sample Text

Arsip Blog

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Followers