Sabtu, 02 Juni 2012

Communication Device


Setelah anda mengenal komponen Input, Output, Proses dan storage device, berikutnya adalah Commnication Device. Peralatan ini berfungsi sebagai media agar komputer dapat berkomunikasi dengan perangkat lain.
Sebagai contoh dalam jaringan komputer di Lab, maka komputer komputer tersebut pastilah dapat berkomunikasi, dapat berbagi file dapat pula mengakses server/internet. Laptop/netbook yang anda miliki dapat mengankses internet juga pasti menggunakan peralatan komunikasi.
Communication Device antara lain :
LAN Card, digunakan sebagai media/terminal dari PC. Tetapi pada saat ini, LAN Card biasanya sudah ada ( onboard )
Kabel UTP, Kabel UTP itu adalah kabel khusus untuk transmisi data. Dilihat dari singkatannya, UTP berarti “UnshieldedTwisted Pair“. Disebut Unshielded karena kabel ini kurang tahan terhadap intervensi gelombang elektromagnetik, dan disebut twisted pair karena di dalamnya terdapat pasangan kabel yang disusun spiral alias saling berlilitan.

Modem Analog, merupakan translator atau penerjemah antara dua bahasa, yaitu Digital dan Analog. Telepon yang kita miliki saat ini, merupakan perangkat yang menggunakan bahasa analog, dan komputer serta modem interface menggunakan bahasa digital. Sehingga modem bertugas untuk menghubungkan kedua perangkat tersebut untuk dapat saling berkomunikasi. Terdapat 2 jenis yaitu internal dan eksternal.
Modem ADSL atau Asymmetric DigitalSubscriber Line adalah salah satu bentuk dari teknologi DSL. Ciri khas ADSL adalah sifatnya yang asimetrik, yaitu bahwa data ditransferkan dalam kecepatan yang berbeda dari satu sisi ke sisi yang lain. Mengunakan ADSL modem memerlukan satu buah line telepon. Saat ini pemakai dapat berbagi antara koneksi internet dengan ADSL dengan telepon untuk suara. Caranya sangat mudah, untuk ADSL diberikan sebuah alat yang disebut sebagai Splitter atau pembagi line.



Modem Broadband (GSM/CDMA) Teknologi Internet broadband secara umum didefinisikan sebagai jaringan atau servis Internet yang memiliki kecepatan transfer yang tinggi karena lebar jalur data yang besar. Broadband dapat dikatakan koneksi yang cukup ekonomis, karena dengan membayar biaya yang relatif murah, Anda bisa mendapatkan koneksi Internet yang cukup cepat meski tidak seterusnya bisa demikian. Dengan biaya yang tidak terlalu besar, Anda bisa menjalankan berbagai macam aplikasi boros bandwidth, namun tidak dijamin kelancarannya ketika banyak pengguna sedang terkoneksi. Selain itu, coverage area dari koneksi broadband juga sering menjadi kelemahannya. Area coverage dari teknologi ini memang belum bisa terlalu luas karena memang ada keterbatasan teknis. Di sinilah nilai plus dan minus nya produk Internet broadband.







0 komentar:

Poskan Komentar



SMS GRATIS ANLOVSY

Sample Text

Arsip Blog

Label

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Followers