Sabtu, 02 Juni 2012

Mac OS X



Selama ini kita terbiasa dengan Sistem Operasi Windows. Tahukah Anda bahwa ada SO lain yang lebih luar biasa ??
Tanpa peringatan khusus, sistem operasi Mac OS X buatan Apple yangdikenal punya kemampuan grafis sangat baik telah berusia satu dekade.Debutnya secara formal baru dilakukan pada 24 Maret 2001 dan sejak saatitu telah keluar beberapa versi dengan nama kode yang khas yaknibermacam jenis kucing besar. Dalam sepuluh tahun sudah tujuhversi dirilis dan satu direncanakan akhir tahun ini. Masing-masingCheetah, Puma, Jaguar, Panther, Tiger, leopard, Snow leopard, dan akansegera menyusul Lion. Awalnya nama kode tersebut hanya digunakan untukkepentingan internal, namun justru menjadi sebutan yang akrab bagi parapecinta Mac.
Mac OS X sendiri sebenarnya sudah mulaidikembangkan sejak tahun 1994 dengan proyek Copland di Apple. Kemudianplatform tersebut disatukan dalam Apple Rhapsody developer Releasesetelah Apple mengakuisis penuh NeXT yang diriikan Steve Jobs pada1996. Rhapsody berkembang menjadi Mac OS X Server (Hera) pada 1999.Versi publik beta dengan nama Kodiak keluar 30 September 2002 dan enambulan kemudian baru dirilis versi pertama untuk publik.
Berikut perjalanan Mac OS X dari waktu ke waktu.
Mac OS X Cheetah
CEOApple Steve Jobs menyebut Mac OS X sebagai platform penting bagi Applesetelah sistem operasi Macintosh pertama merevolusi industri pada tahun1984. Saat diluncurkan 25 September 2001, versi pertama didukung 350aplikasi di antaranya iMovie 2, iTunes, dan AppleWorks 6.1. Harganyawaktu itu 129 dollar AS dan dipakai pada iMac, iBook, Power MacintoshG3, Power Mac G4, Power Mac G4 Cube, dan PowerBook.
Mac OS X 10.1 Puma
Applepertama kali memperkenalkan versi kedua Mac OS X pada Juli 2001 padaacara Macworld dan baru dirilis 25 September 2011. Ini mungkin versiyang selisihnya paling cepat dari pendahulunya karena hanya enam bulan.Apple meningkatkan user interface dengan nama Aqua dan memperluasdukungan terhadap media dan perangkat seperti DVD, MP3, CD, printer,dan kamera digital. Harga satu unit lisensi saat itu juga 129 dollar AS.
Mac OS X 10.2 Jaguar
Versiketiga ini diperkenalkan pada Agustus 2002 namun baru tersedia di pasar23 Agustus 2002. Untuk pertama kali, nama kodenya dipakai dalam mediamarketing. Ada 150 fitur baru antara lain iChat, filter junk mail, danteknologi jaringan yang lebih baik. Dalam seminggu pertama, terjual100.000 copy. Ada dua paket yang tersedia seharga 129 dollar AS danpaket keluarga untuk lima orang hanya 199 dollar AS.
Mac OS X 10.3 Panther
Keluarnyaversi keempat ini selisih lebih dari satu tahun dengan versi sebelumnyakarena dirilis 24 Oktober 2003. Ada 150 fitur baru ditambahkan pada MacOS X 10.3 ini, antara lain Finder dengan satu akses klik ke file danfolder, fitur tampilan Expose, dan iChat AV untuk videokonferensi.Tersedia pula versi Mac OS X Server 10.3. Harganya 129 dollar ASsedangkan untuk server 499 dollar AS untuk 10 klien dan 999 dollar ASuntuk jumlah klien tak terbatas.
Mac OS X 10.4 Tiger
Untukversi kelima, selisih waktu dengan versi keempat malah lebih panjanglagi karena baru keluar April 2005. Namun, ada 200 fitur baru yangmenarik seperti fungsi pencarian dengan Spotlight dan Dashboard yangmendukung widget untuk pertama kalinya.
Mac OS X Leopard
Leopardmemulai debutnya pada oktober 2007 dengan perbaikan pada fiturpencarian file dengan Stacks, desain ulang Finder, Quick Look, danuntuk pertama kali memperkenalkan backup Time Machine.
Mac OS X 10.6 Snow Leopard
SnowLeopard yang muncul Agustus 2009 mungkin perbaruan besar-besaran secarasistem keseluruhan karena Apple menyatakan telah memperbarui 90 persendari 1000 proyek yang terlibat dalam pengembangan Mac OS X. Ukurannyahanya setengah versi sebelumnya karena cukup dengan media penyimpan 7GB. Telah mendukung prosesor 64 bit.
Mac OS X 10.7 Lion
Generasi terbaru yang diberi nama Lion direncanakan akan dirilis akhir tahunini. Namun, Apple telah mendistribusikan versi uji coba kepada beberapamitra pengembang. beberapa fitur baru antara lain teknologi berbagifile secara nirkabel AirDrop dan desain ulang aplikasi Mail. Juga adatool interface LaunchPad untuk menampilkan tampilan layar iPhone daniPad ke Mac. Platform ini juga akan mendukung penuh layar multitouch.

0 komentar:

Posting Komentar



SMS GRATIS ANLOVSY

Sample Text

Arsip Blog

Label

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Followers