Selasa, 01 Mei 2012

Cara Membuat Rumus dan Memasukkan Rumus Microsoft Excel

Saat kita bekerja menggunakan Microsoft Office Excel, kita dapat menghitung data dengan menggunakan rumus yang dibentuk dari operator data atau terdiri dari beberapa fungsi. Microsoft Excel menyediakan banyak fungsi yang dapat kita gunakan dalam rumus.
Rumus yang akan kita bentuk dapat ditulis pada bagian formula bar atau dengan menggunakan fasilitas Function Wizard MS Excel. Dalam Microsoft Excel, kita dapat mengawali penulisan rumus dengan tanda = (sama dengan).
Sebagai contoh, rumus pengurangan antara nilai 9 dengan nilai 6 dapat ditulis dengan bentuk =9-6. Hasil perhitungan rumus tersebut akan ditampilkan di dalam sel. Contoh lain, jika sel A15 berisi nilai 10 dan akan dikalikan dengan nilai 8, maka rumus yang dapat dibuat adalah =A15*8
Kita dapat memanfaatkan operator matematika untuk membangun suatu rumus. Urutan derajat pembacaan operator matematika yang dapat kita gunakan untuk membangun rumus dan contoh-contoh penulisan rumus matematika sederhana adalah sebagai berikut:
Operator ( ) memiliki fungsi mengelompokkan operasi matematika.
Contoh:
=(3+7)*(30/3)
Operator * dan / memiliki fungsi perkalian dan pembagian.
Contoh:
=70*7
=21/3
Operator + dan – memiliki fungsi penjumlahan dan pengurangan.
Contoh:
=15+65
=40-15
Operator ^ memiliki fungsi perpangkatan.
Contoh:
=7**4
=7^4
Operator % memiliki fungsi persen.
Contoh:
=15*50%
Operator & memiliki fungsi menggabungkan dua data teks.
Contoh:
=”Maju”&”Jaya”
Pada kondisi default, Microsoft Excel menghitung rumus dari kiri ke kanan, dimulai dari simbol sama dengan (=). Meskipun begitu, kita dapat mengatur bagaimana perhitungan suatu rumus akan dikalikan. Inilah yang disebut dengan prioritas operasi matematika dengan menggunakan tanda dalam kurung.
Sebagai contoh, rumus =5+10*2 akan menghasilkan nilai 25 karena Microsoft Excel akan melakukan operasi perkalian terlebih dulu sebelum operasi penambahan. Jadi, angka 10 akan dikalikan dengan angka 2, hasilnya 20, baru kemudian ditambahkan dengan nilai 5. Hasilnya 25.
Contoh lain, rumus =(5+10)*2 akan menghasilkan nilai 30 karena Microsoft Excel akan mendahulukan operasi matematika yang terletak di dalam kurung dengan hasil 15, baru kemudian mengalikannya dengan angka 2. Hasilnya 30.

Cara Memasukkan Rumus

Kita dapat membuat beberapa variasi rumus, mulai dari rumus matematika yang sederhana dengan operator matematika, sampai dengan rumus perhitungan matematika yang lebih kompleks. Di bawah ini merupakan salah satu contoh langkah-langkah memasukkan rumus dalam lembar kerja Microsoft Excel.
Jika pada masing-masing cell sudah berisi angka dan kita akan mengoperasikan angka pada cell tersebut, kita tidak perlu mengetikan angkanya lagi. Namun cukup diklik saja cellnya, lalu diikuti simbul rumusnya. perhatikan contoh di bawah ini
1. Klik suatu sel yang akan digunakan untuk menampung hasil perhitungan sel.
2. Ketik lambang = (sama dengan) untuk mengawali penulisan rumus.
3. Masukkan rumus yang akan digunakan. pada contoh di bawah ini merupakan contoh penjumlahan laki-laki dan perempuan. jadi setelah mengetik tanda =, lanjutkan dengan klik pada cell angka 20, kemudian tulis tanda +, lalu klik cell angka 30, kemudian tekan tombol enter pada keyboard
4. Tekan Enter, maka hasilnya akan langsung muncul, seperti gambar di bawah ini. Pada cell akan muncul hasilnya, namun pada formula bar tetap tampil rumus aslinya, yaitu penjumlahan antara cell yang berisi angka 20 dan cell yang berisi angka 30, atau cell c8+D8.

Definisi Cell atau sell

dalam artikel ini beberapa kali disebut istilah cell atau sel, sebenarnya apa sih sell itu? pengertian singkatnya, sell adalah setiap alamat kotak yang merupakan gabungan antara kolom dan baris.  Seperti pada contoh di atas sell C8 berarti gabungan antar kolom C dan baris ke 8 dan D8 berarti gabungan antara kolom D dan baris ke 8.
Tanda untuk menunjukkan sedangdi cell berapa kursor mouse anda ada di pojok kiri atas. perhatikan gambar di bawah ini.
Untuk selanjutnya kamu dapat mencoba mengkombinasikan rumus yang lebih kompleks lagi sesuai dengan kebutuan kamu. Selamat mencoba. Semoga sedikit penjelasan mengenai cara memasukkan rumus pada Microsoft Excel dapat kamu pahami dengan mudah dan tentunya dapat bermanfaat bagi kamu yang membutuhkan.
 

0 komentar:

Posting Komentar



SMS GRATIS ANLOVSY

Sample Text

Arsip Blog

Label

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Followers