Kamis, 03 Mei 2012

salah satu cara mastering di frutyloop

what up bro..!.Kumat lagi nih gw.. hari ini bingung ma ngapain. ngelanjutin ngeremix lagu pake frutyloop (fl studio) lagi gak feel, tambah lagi hujan gede,..gubrak.."suara speaker gw kalah ma hujan..hadoh...Jadi ingat gw waktu itu teman ada yang nanya gimana sih cara mastering di frutyloop (fl studio) ? Soalnya setiap habis selesai bikin lagu/ ngeremix terus ke exsport ke wav/mp3 hasilnya kok gak bagus...


Yup..gw juga sering ngalami gitu dulu bro..puyeng banget gimana caranya biar hasilnya bagus..Akhirnya gw ubek-ubek di situs fl-studio.com dan nemu cara yang cukup ajip yaitu dengan cara menggunakan template mastering di utilty templates. Yang berada di menu File -- new from templates - utility - mastering. Teman-teman kalo belum ada monggo download disini...atau di sini..Sebab tidak semua versi frutylop terdapat templates ini... setelah download jangan lupa kopi folder Utility templates ke folder..C:\Program Files\Image-Line\FL Studio 9\Data\Projects\templates.





Gunakan templates itu saat memulai projec lo soalnya di mixer area, khususnya di Master sudah tersedia plug-in - plug-in yang di rekomendasikan oleh fl studio guru seperti: parametiq eq, setereo enhancer...dan hasilnya setelah  memakai template mastering  lagu yang gw exsport ke mp3 /wav lebih bagus. Tapi tentunya setelah gw balancing juga per mixer track. Lagu sound of goodbey juga gw kerjain menggunakan templates mastering. Jadi artinya langsung di mastering di fl studio. Tapi kalo masih kurang bagus ente bisa gunakan wav lab, adobe audition 3, cubase and lainnya untuk mastering.


Gw sudah memakai mastering templates bro, tapi kok hasilnya masih kurang bagus ..? Kenapa tuh..
Gak bagusnya gimana..?
Suaranya masih mendem or terdengar mentah..
Kasus suara terdengar mentah biasanya ada beberapa sebab..misalnya samples tidak di set ke mixer dan tidak di beri effek2 misalnya: reverb, equalizer n lainya.. Sebab lainnya adalah samples yang di gunakan mungkin kurang bagus untuk kualitas suaranya..bisa jadi ente cuma pake samples bawaan dari Fl studio.


Dulu gw juga pake samples bawaan dari frutyloop, maklum belum tahu ternyata ada samples khusus untuk membuat lagu / ngeremix lagu-lagu dj. info lengkap bisa lihat di loopmasters.com  soal samples, loop dan lainya atau di producerloop..terus terang gw beli dari situs itu sebagian..untuk samples house, electro house, tribal house, tech house and progressive. Setelah gw coba dulu gratisanya..Mantap bro setelah pake samples khusus.. suaranya jadi ajip. gak terlalu repot pada saat mastering suara dah enak..


Tidak pusing juga milih-milih karakter kick, snare, loop or sycnthezer yang pas..artinya lebih memudahkan kita saat nge-remix lagu..(kalau lo mo serius) nge-remix or bikin lagu pakailah samples/bagan karena kualitas suara lebih bagus...yang gratisan juga ada biasanya tp dikit.coba gogling aja...kata kunci "loop samples" .kalo mo yg lengkap bisa pesen ma gw. Total 3 dvd (kontak aja 021-9435-4153)..hehe..jualan nih...nyari duit buat beli beras..halahh..!


yo wes lah..selamat mencoba templates mastering buat bikin lagu  atau nge-remix...Yang penting  biasakan aja kalo bikin project baru di fl studio ente pakai template mastering biar lebih ajip..Good luck

0 komentar:

Poskan Komentar



SMS GRATIS ANLOVSY

Sample Text

Arsip Blog

Label

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Followers