Minggu, 27 Mei 2012

UPS Komputer

Akhirnya kesampaian juga niat membeli UPS Komputer. Penyebabnya, beberapa minggu ini di Lampung dan sekitarnya sering terjadi padam listrik. Kekesalan terjadi ketika sedang asyik browsing dan chatting tiba-tiba komputer mati dan koneksi terputus.
Namun alasan utama saya membelikan UPS untuk komputer karena, setelah kejadian mati lampu dan komputer otomatis mati secara tiba-tiba membuat windows saya error ketika akan di hidupkan kembali.
ups komputer UPS : Peralatan Penting bagi Komputer

UPS berfungsi sebagai input cadangan untuk komputer ketika terjadi pemadaman listrik. Dengan tambahan UPS maka ketika terjadi mati lampu, kita masih mempunyai waktu untuk mematikan komputer secara normal sehingga mencegah dari bahaya mati listrik bagi komputer.

Berikut Bahaya Mati Listrik Bagi Komputer.

  1. Bisa merusak file atau dokumen ketika sedang mengedit atau mengetik dokumen di MS Word. Selain itu tentu anda akan kesal sudah mengetik banyak dan belum di save tiba-tiba mati.
  2. Bisa merusak Sistem Windows, di karenakan windows anda sedang bekerja namun windows yang sedang berkerja di matikan secara paksa oleh listrik membuat windows corrupt.
  3. Bisa merusak Hardware. Hardware yang paling rawan akibat mati lampu adalah hardisk karena disana proses windows berjalan.

Tips Sebelum Membeli dan Memilih UPS Komputer

Kalo anda ingin membeli UPS pertama kali, silahkan perhatikan point-point kriteria dalam memilih ups yang bagus dan sesuai kebutuhan komputer anda :
  1. Pastikan anda membeli UPS mempunyai daya yang lebih besar dari pada Power Suply komputer anda. Power supply biasanya dalam satuan Watt sementara kapasitas UPS dalam satuan VA. Satuan Watt dan VA adalah tidak sama. Watt = VA x Power Factor. Biasanya di kardus UPS tertera berapa besar kapasitas VA dan Power Factor. (lebih lengkap baca : Perbedaan watt dan VA ).
  2. Cek kapasitas baterai. Berapa lama UPS dapat hidup (membackup) ketika listrik padam. Biasanya berkisar antara 8-20 menit.
  3. Pastikan UPS dilengkapi dengan AVR (Stabilizer) dan fuse (anti petir) yang berkualitas sehingga jika tegangan listrik turun ataupun tidak stabil, maka kerusakan di computer atau komponennya dapat dicegah.
  4. UPS mempunyai Transfer time yang kecil, sehingga ketika listrik padam, UPS dengan cepat menggatikan pasokan daya dan komputer tidak mengalami restart.
Beberapa Merek UPS Komputer Rekomendasi : ICA, APC dan Prolink.
saya memilih UPS Komputer Merk Prolink Pro 700V sesuai kebutuhan dan batasan budget. Saya beli di lampung dengan harga Rp. 410 ribu. Dengan spesifikasi : kapasitas 650 VA dan Power Factor : 0,7 (455 Watt) dengan beban yang saya berikan hanya 1 unit CPU 450 Watt dan 1 monitor. Transfer Time : 2 ms. Dilengkapi dengan AVR dan Anti petir juga.
spesifikasi ups prolink 700v UPS : Peralatan Penting bagi Komputer

Tips Merawat UPS Komputer Tetap Awet

Berikut cara agar UPS komputer anda tetap berfungsi secara maksimal dan baterai tidak cepet ngedrop :
  • Setelah anda membeli UPS baru, Charge terlebih dahulu selama kurang lebih minimal 8 jam pertama hingga 12 jam agar performa batereinya bagus. Sama seperti baterei HP yang wajib dicharge dulu pada pemakaian pertamanya.
  • Gunakan UPS sesuai spesifikasinya atau beban seharusnya. Penggunaan yang tidak sesuai beban akan menyebabkan baterai cepat drop dan rusak. Biasanya beban yang direkomendasikan hanya separuh dari yang tercantum pada UPS
  • Jaga UPS agar tidak sampai kehabisan baterai ketika memback up pemadaman listrik. Rata – rata UPS dapat memback up hingga 15 menit, setelah itu UPS tidak tahan dan akan mati dengan sendirinya. Karena itu, begitu listrik padam sebaiknya segera lakukan persiapan untuk mematikan komputer dengan aman.
  • Cabut sumber listrik UPS bila sedang tidak digunakan untuk menghindari panas terus menerus. Hal ini juga untuk menghindari panas pada stop kontak listrik dari UPS tersebut.
  • Letakkan UPS pada tempat yang agak terbuka agar hawa panas yang dihasilkan ketika beroperasi bisa tersirkulasi dengan baik.
  • Restart UPS dengan waktu kurang lebih 5 detik setelah Anda mematikan UPS, jangan langsung mematikan dan menghidupkannya secara tiba – tiba.
  • Gunakan UPS hanya untuk kegunaannya saja seperti peralatan komputer. Saya sendiri hanya untuk CPU dan monitor. Jangan gunakan untuk peralatan elektronik lain selain yang diperuntukkannya.
Menurut saya peralatan UPS komputer sangat penting untuk melindungi baik data, software dan mencegah terjadinya kerusakan hardware komputer yang di akibatkan oleh mati listrik.

0 komentar:

Posting Komentar



SMS GRATIS ANLOVSY

Sample Text

Arsip Blog

Label

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Followers