Kamis, 03 Mei 2012

Cara menyimpan step buatan sendiri menjadi score di piano roll

Kalau kemarin ane posting tentang bagaimana menggunakan chord wizard di piano roll Fl studio 10, kali ane share lagi tentang cara menyimpan step buatan sendiri menjadi score di piano roll. Karena sering kali setelah kita membuat step-step bassline, rhythm, lead, dan lain-lain, yang kemudian step akan kita gunakan lagi untuk project ngeremix lagu yang lain di Fl studio. Maka cara yang mudah adalah dengan menyimpan menjadi score. Apa itu score ? score merupakan istilah lain yang umum dari musik sheet. Jadi, setelah di simpan sebagai score,  kita bisa load kembali step tersebut. Ini sangat membantu kita menghemat waktu untuk membuat step. Dan ini sering ane lakukan. Jadi, hanya rubah saja chord-nya ketika akan di gunakan untuk project remix lagu lainnya. Sebagian teman-teman mungkin sudah tahu cara menyimpan score dari step yang telah di buat. Tapi untuk yang belum bisa berikut ini caranya:


Sebagai contoh silahkan ente (anda) insert vst sytrus di fl studio, kemudian klik kanan pilih piano roll. Untuk suara instrument bebas ente bisa ganti nanti. Langkah-langkahnya:


1. Buat step bassline, lead, rhythm atau melody simple. 1 atau 2 bar
2. Set Snap menjadi LINE / CELL untuk mengatur grid agar lebih mudah (lihat gambar).
3. Setelah yakin step sudah ok, klik tanda panah (piano roll menu) di pojok kiri atas.
4. Pilih--File-- save score as : ketik nama file score, misalnya "my bassline prog house
5. selesai. Lihat gambar di bawah
simpan step ke score


Dan selanjutnya jika ente ingin menggunakan lagi step tersebut ke lain vst instrument atau untuk project remix lagu lainnya cara sama yaitu klik kanan channel pilih piano roll, kemudian Klik menu piano roll kembali dan pilih--File--open score. Otomatis step akan muncul di NOTE event  di nada asli ente membuat step pada awalnya: Misal, jika sebelumnya ente membuat di nada C, maka step dari open score berarti di C juga. Selanjutnya ente tinggal rubah ke nada yang di inginkan seperti di dalam video chord wizard di piano roll fl studio 10. Untuk menyesuaikan dengan nada lainn di dalam project lagu.


Seperti itulah sob cara menyimpan step buatan sendiri menjadi score di piano roll Fl studio. Panjang Bar tidak terbatas, ente bisa save step dari susunan chord lagu yang ente remix sebagai score. Jadi jika sewaktu project hilang, rusak atau terhapus, chord masih bisa di load kembali. Tapi kabar baiknya di fl studio bisa di set time backup, jadi sewaktu-waktu terjadi hang atau program eror, project bisa di load kembali. Fungsi ini bisa di atur di--Option--File setting--pilih auto save backup. Atur durasi-nya. Selamat mencoba.

0 komentar:

Posting Komentar



SMS GRATIS ANLOVSY

Sample Text

Arsip Blog

Label

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Followers